Tuesday, February 16, 2021

KELAS 6 MATEMATIKA SOAL-SOAL BANGUN RUANG

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Setelah kalian mempelajari materi bangun ruang maka untuk mengetahui tingkat permahaman kalian silahkan mengerjakan soa-soal dibawah ini!

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan sifat-sifat bangun ruang berikut!
(1) Mempunyai 6 buah bidang sisi yang sama ukuran
(2) Mempunyai  6 buah bidang sisi yang tidak sama ukuran
(3) Mempunyai 12 buah rusuk
(4) Diagonal rusuknya membentuk sudut 90o
(5) Diagonal rusuknya tidak membentuk sudut 90o
Berdasarkan sifat bangun ruang di atas, yang merupakan sifat dari kubus adalah nomor....
a. (1), (3), (4)
b. (2), (3), (4)
c. (1), (2), (5)
d. (1), (4), (5)

2. Di bawah ini yang merupakan sifat dari bangun ruang tabung adalah....
a. memiliki alas yang berbentuk lingkaran, mempunyai 3 buah sisi, mempunyai 4 buah rusuk, tidak mempunyai titik sudut
b. memiliki alas yang berbentuk lingkaran, mempunyai 3 buah sisi, mempunyai 2 buah rusuk, tidak memiliki titik sudut
c. memiliki alas yang berbentuk lingkaran, mempunyai 2 buah sisi, mempunyai 2 buah rusuk, tidak memiliki titik sudut
d. memiliki alas yang berbentuk lingkaran, mempunyai 3 buah sisi, mempunyai 2 buah rusuk, memiliki 3 buah titik sudut

3. Sebuah bangun ruang mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
 Alasnya berbentuk segi empat
 Memiliki 4 buah sisi yang berbentuk segitiga
 Memiliki 4 buah rusuk yang sama panjang
 Mempunyai 1 titik puncak atas
Bangun ruang yang dimaksud adalah....
a. balok
b. kubus
c. prisma segitiga
d. limas segi empat

4. Perhatikan sifat bangun ruang berikut:
Memiliki alas berbentuk lingkaran
 Memiliki titik puncak
 Memiliki 2 sisi 

 Memiliki 1 rusuk
 Memiliki 1 titik sudut
Bangun ruang yang dimaksud adalah....
a. tabung
b. kerucut
c. limas segitiga
d. prisma segitiga

5. Luas permukaan bangun ruang berikut adalah....cm2.

a. 125
b. 150
c. 200
d. 250

6. Luas permukaan bangun berikut adalah....
a. 1.334 cm2
b. 1.644 cm2
c. 2.324 cm2
d. 2.334 cm2

7. Diketahui jari-jari tabung 21 dm dan tingginya 45 dm. Luas permukaan tabung tersebut adalah....dm2.
a. 60.984
b. 8.712
c. 990
d. 198

8. Volume bangun ruang di bawah ini adalah....cm3
a. 5.544
b. 5.444
c. 5.434
d. 5.424

9. Sebuah alas  limas berbentuk persegi dengan sisi 8 cm. Jika tinggi limas adalah 12 cm, maka volume limas tersebut adalah....cm3.
a. 768
b. 256
c. 96
d. 32

10. Sebuah tangki menampung minyak sebanyak sepertiga bagian. Tangki itu berbentuk prisma segitiga. Panjang alas segitiga 120 cm dan tinggi 70 cm. Jika volume minyak dalam tangki 224 liter, maka tinggi tangki minyak adalah....
a. 14 dm
b. 15 dm
c. 16 dm
d. 17 dm

11. Perhatikan jaring-jaring bangun ruang berikut:
Pada gambar di atas, yang merupakan jaring-jaring kubus adalah nomor....
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 2, 4, 6
c. 2, 3, 5, 6
d. 1, 2, 4, 5

12. Perhatikan jaring-jaring bangun ruang berikut!
Jaring-jaring kerucut yang benar ditunjukkan oleh nomor....
a. 1, 3, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 4

13. Perhatikan jaring-jaring bangun berikut!
Jaring-jaring yang bukan limas segiempat ditunjukkan oleh huruf....
a. P dan Q
b. R dan S
c. S dan T
d. S dan R

14. Perhatikan gambar berikut!

Volume gabungan bangun ruang di atas adalah .... cm3.
a. 5.000
b. 4.500
c. 4.000
d. 3.500

15. Perhatikan gabungan dua bangun ruang di bawah ini!
Volume bangun ruang di atas adalah … cm3.
a. 3.156
b. 2.556
c. 2.156
d. 2.106

B. URAIAN

Kerjakanlah dengan tepat!

16. Tuliskan 5 ciri-ciri bangun ruang kerucut!
17. Tentukan luas permukaan bangun ruang di bawah ini!
18. Ibu akan membuat acara tasyakuran dengan membuat nasi tumpeng yang berbentuk kerucut dengan ukuran diameter alas 28 cm dan tinggi 40 cm. Jika 1 dm3 = 1 kg, tentukan banyaknya nasi yang dibutuhkan ibu untuk membuat tumpeng !
19. Tentukan volume bangun ruang di bawah ini!

20. Hitunglah volume bangun ruang di bawah!


~Selamat Mengerjakan~
Awali dan akhiri dengan doa
Sholat lima waktu dan mengaji
Selalu bersyukur
Tetap jaga kesehatan

Guru Mapel :  Dra. Elis Ratnwati

KELAS 5 MATEMATIKA SOAL - SOAL VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini, karena materi tentang volume bangun ruang sudah selesai maka untuk mengetahui tingkat pemahaman kalian silahkan mengerjakan soal-soal dibawah ini!

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….
a. 15
b. 12
c. 6
d. 8

3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….
a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang
d. Trapesium

4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….
a. V = s x s
b. V = r x r x r
c. V = p x l x t
d. V = s x s x s

Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 5 – 7

Soal Matematika Kelas 5 SD Bab 5 Kubus dan Balok dan Kunci Jawaban

5. Volume gambar nomor I adalah ….
a. 343 cm³
b. 1.000 cm³
c. 512 cm³
d. 729 cm³

6. Volume gambar nomor II adalah ….
a. 1.331 cm³
b. 1.728 cm³
c. 1.000 cm³
d. 3.375 cm³

7. Volume gambar nomor III adalah ….
a. 3.375 cm³
b. 125 cm³
c. 15.625 cm³
d. 42.875 cm³

8. Andi mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³
a. 64.000
b. 54.000
c. 16.000
d. 1.600

9. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Lalu Doni juga punyak kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisi 15 cm. Selisih volume kotak pensil mereka berdua adalah …. cm³
a. 4600
b. 8.000
c. 3.375
d. 4.625

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengisi soal nomor 10 – 12

Soal Matematika Kelas 5 SD Bab 5 Kubus dan Balok dan Kunci Jawaban

10. Panjang sisi kubus nomor I adalah ….
a. 6 cm
b. 7 cm
c. 8 cm
d. 9 cm

11. Panjang sisi kubus nomor II adalah ….
a. 7 cm
b. 9 cm
c. 11 cm
d. 15 cm

12. Panjang sisi kubus nomor III adalah ….
a. 17
b. 16
c. 14
d. 13

13. Rumus untuk mencari volume balok adalah ….
a. V = P x l
b. V = P x l x t
c. V = P x a x t
d. V = r x a x t

14. Balok adalah bangun ruang yang sisinya paling banyak berbentuk ….
a. Segi empat
b. Layang-layang
c. Lingkaran
d. Persegi panjang

15. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….
a. 12 buah
b. 15 buah
c. 6 buah
d. 8 buah

16. Perbedaan antara balok dan kubus di antaranya adalah ….
a. Jumlah sisinya
b. Besar sudut-sudutnya
c. Jumlah rusuknya
d. Bentuk sisi-sisinya

Perhatikan gambar berikut ini untuk mengisi soal nomor 17 – 20

Soal Matematika Kelas 5 SD Bab 5 Kubus dan Balok dan Kunci Jawaban

17. Volume balok pada gambar nomor I adalah ….
a. 430 cm³


b. 210 cm³
c. 480 cm³
d. 420 cm³

18. Volume balok pada gambar nomor II adalah ….
a. 4.004 cm³
b. 4.324 cm³
c. 8.024 cm³
d. 4.125 cm³

19. Tinggi balok pada gambar nomor III adalah ….
a. 6 cm
b. 7 cm
c. 8 cm
d. 9 cm

20. Panjang balok pada gambar nomor IV adalah ….
a. 15
b. 27
c. 17
d 25

21. Rina mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Volume kotak pensil Rina adalah …. cm³
a. 480
b. 240
c. 960
d. 120

22. Volume sebuah bak mandi berbentuk balok adalah 1.800 dm³. Jika panjang dan lebar bak mandi tersebut adalah 15 dm dan 10 dm, maka tinggi bak tersebut adalah ….
a. 15 dm
b. 18 dm
c. 13 dm
d. 12 dm

23. Aquarium berbentuk balok dengan panjang, lebar dan tinggi sebesar 90 cm, 60 cm dan 70 cm. Maka volumenya adalah ….
a. 378.000 dm³
b. 378 cm³
c. 378 dm³
d. 37,8 m³

24. Pak Dani kotak buah berbentuk balok dengan volume sebesar 1.500 dm³. Jika lebar dan tinggi kotak buah itu adalah 100 cm dan 125 cm, maka panjangnya adalah ….
a. 120 cm
b. 120 dm
c. 140 cm
d. 150 dm

25. Volume sebuah balok adalah 5 kali volum kubus. Jika panjang sisi kubus adalah 10 cm. Maka volume balok tersebut adalah ….
a. 500 cm³
b. 5.000 cm³
c. 5.000 dm³
d. 50.000 cm³

Selamat mengerjakan 

Awali dan akhiri dengan doa

Sholat lima waktu dan mengaji

Tetap jaga kesehatan 

Guru Kelas  :   Dra. Elis Ratnawati

                         Rio Annaas Islamiyah, SPd

 

Sunday, February 7, 2021

KELAS 5 BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUB TEMA 3 SURAT UNDANGAN

Assalamu'alaikum anak-anak, bagaimana kabarnya? semoga hari ini adalah hari yang menyenangkan ya. Baiklah anak-anak tentunya kalian sudah pernah melihat ataupun membaca surat undangan bukan. Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Surat Undangan. Mari kita simak materi berikut ini!

SURAT UNDANGAN

Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya. 

Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, 


1. Undangan resmi 

contoh surat undangan resmi

Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan. 

Kriteria Surat Undangan Resmi

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat undangan resmi yakni  sebagai berikut  :

  • Kop surat
  • Tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Hal (undangan)
  • Lampiran
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Salam penutup
  • Pengirim
  • Tembusan
  • Inisial

Bagian – Bagian Surat Undangan Resmi

Bagian - Bagian Surat Undangan Resmi

2. Undangan setengah resmi 

contoh surat undangan setengah resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi. 

3. Undangan tidak resmi 

Undangan tidak resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

Persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi.

Persamaan dan Perbedaan
Undangan Resmi, Setengah Resmi, dan Tidak Resmi

Jenis Undangan

Persamaan

Perbedaan

Resmi

Berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk
menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan
harus efektif

Mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan.
Biasanya, dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

Setengah Resmi

Mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun
instansi atau organisasi untuk kepentingan setengah resmi.

Tidak Resmi

Mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan
untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun.

Nah anak-anak itulah materi kita hari ini semoga bermanfaat.

Tugas :  Buatlah surat undangan resmi!

Selamat mengerjakan tetap semangat

Sholat lima waktu

Selalu bersyukur

Hormat dan patuh pada ayah ibu

Wassalamu'alaikum

Guru Kelas   : Dra. Elis Ratnawati

                          Rio Annaas Islamiyah, SPd

Monday, February 1, 2021

Kelas 5 IPS TEMA 7 SUB TEMA 3 SEJARAH HARI LAHIRNYA PANCASILA

Assalamu'alaikum anak-anak , alhamdulillah kita bertemu lagi dalam pembelajaran IPS. Pada pertemuan ini kita akan belajar tentang Hari Lahirnya Pancasila.  Baiklah , ayo kita pelajari materi dibawah ini! 


Sejarah Hari Lahir Pancasila 


Hari Lahir Pancasila

Hari ini tepat pada tanggal 1 juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Perlu diketahui bahwa Lahirnya pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada tanggal 1 juni 1945. Namun, dibalik pidato tersebut Hari Lahir Pancasila memiliki sejarah panjang.

Oleh karena itu untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai pancasila, kamu perlu mengetahui sejarah panjang dari Hari Lahir Pancasila.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Diambil pada rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang melakukan sidang pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Pada mulanya rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dengan pembahasan yang dilakukan pada keesokan harinya yaitu 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.

Rapat yang dimulai pertama kali diadakan pada gedung Chuo Sangi In di Jakarta di Jalan Pejambon 6 yang sekarang lebih dikenal dengan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda dahulu, gedung tersebut digunakan sebagai gedung perwakilan rakyat atau gedung Volksraad.

Pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapatkan gilirannya untuk menyampaikan gagasannya mengenai dasar dari negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila. Gagasan yang disampaikan dalam bentuk Pidato tersebut berbunyi “Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Setelah pidato tersebut, lalu BPUPKI membentuk panitia kecil untuk merumuskan serta menyusun undang-undang dasar (UUD) melalui pedoman pada pidato bung karno tersebut. Karenanya dibentuklah panitia sembilan yang terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Soebardjo, Wahid Hasjim dan Mohammad Yamin yang ditugaskan untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara berdasarkan pidato yang diucapkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 serta menjadikan dokumen tersebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Saat melalui proses yang cukup panjang akhirnya rumusan pancasila tersebut selesai dirumuskan untuk kemudian dicantumkan ke dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Lalu, setelah itu disahkan dan dinyatakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Sehingga pada tanggal 1 Juni ini resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo dan ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2017.

Nah itulah materi hari ini ,untuk menambah pengetahuan kalian bisa membaca di buku siswa tema7 sub tema 3 atau buku lainnya.

Tugas  :  Mengerjakan LKS halaman 83 ( Ayo Menjawab )

Selamat mengerjakan, sukses selalu.

Wassalamu'alaikum

Guru Kelas  :  Dra. Elis Ratnawati

                       Rio Annaas Islamiyah, SPd

KELAS 5 PPKN TEMA 7 SUB TEMA 3 KEGIATAN POSITIF DALAM MENGISI KEMERDEKAAN

Assalamu'alaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini, masih tetap semangat belajar kan.  Baiklah anak-anak hari ini kita akan belajar tentang kegiatan -kegiatan dalam mengisi kemerdekaan di Indonesia. Mari kita pelajari materi di bawah ini! 

Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Cara generasi muda mengisi kemerdekaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baik untuk diri kita juga orang lain. Saya  yakin, para pelajar tahu mana yang baik dan mana yang buruk, cuma rasa malas yang saat ini hinggap di pikiranmu, mengalahkan jiwa patriot yang seharusnya kamu pupuk sampai akhir hayat.

Para pahlawan dengan alat-alat perang sederhana (bambu runcing) bisa mengalahkan senjata yang sudah modern saat itu, bukan karena keberuntungan, tapi karena tekad dan kemauan yang kuat.

Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Rumah

Berikut ini adalah contoh yang dilakukan generasi muda di rumah:

  1. Sadar untuk mengerjakan pekerjaan rumah (ngepel, nyuci, nyapu, dll), tanpa harus di suruh orang tua. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi malu atau malas.
  2. Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar an kegiatan positif lainnya
  3. Saling membantu jika ada anggota dalam kesusahan.
  4. Menjaga hubungan dengan tetangga
  5. Menghormati satu sama lain adalah wujud patriot sejati.
  6. Patuh terhadap perintah orang tua.
  7. Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara
  8. Pandai membagi waktu, antara bermain dan belajar.
  9. Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua.
  10. Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua
  11. Menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan menaata barang dengan rapi

Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Sekolah

Sebagai pelajar yang baik, berikut ini contoh kegiatan positif pelajar dalam mengisi kemerdekaan di sekolah:

  1. Disiplin dan khidmat ketika mengikuti upacara.
  2. Memberanikan diri menjadi petugas upacara.
  3. Mematuhi ketentuan dan tata tertib sekolah dan kelas
  4. Belajar dengan rajin dan tekun tidak bersikap malas
  5. Aktif dalam kegiatan pramuka sekolah, paskibra, PMR dan kegiatan ekstra kulikuler atau organisasi lain (OSIS).
  6. Tidak menjelek-jelekkan nama sekolah dengan berperilaku buruk.
  7. Bersikap baik terhadap teman
  8. Sopan terhadap guru, baik dalam berbicara maupun dalam bertutur kata
  9. Menjaga kerapian dan kebersihan lingkungan sekolah

Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Masyarakat

 Berikut ini adalah cara mengisi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di Masyarakat.

  1. Menjadi panitia atau mengikuti lomba 17 Agustus di lingkungan sekitar.
  2. Aktif dalam berbagai acara di masyarakat, baik tentang kemerdekaan, acara keagamaan, atau pelayanan masyarakat lainnya.
  3. Menghargai satu sama lain dengan menjaga sopan dan santun dalam bermasyarakat
  4. Ikut aktif dalam kegiatan di masyarakat, seperti kerja bakti atau pertemuan RT dan RW
  5. Menjaga hubungan dengan anggota masyarakat lainya
  6. Menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan tempat kita tinggal
  7. Tidak melakukan diskriminasi, terhadap warga masyarakat yang berbeda suku bangsa atau berbeda agama
  8. Mengikuti peringatan hari kemerdekaan Indonesia setiap tangga 17 Agustus.

Demikian materi untuk hari ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan  kalian.

Tugas  :  Ceritakanlah kegiatanmu dalam mengisi kemerdekaan di rumah, sekolah, dan masyarakat!  Tulis di buku tema dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!

Selamat mengerjakan
Berdoa terlebih dahulu
Sholat lima waktu dan mengaji
Selalu bersyukur
Patuh pada orang tua

Wassalamu'alaikum

Guru Kelas  :  Dra.  Elis Ratnawati
                         Rio Annaas Islamiyah, SPd