Wednesday, September 2, 2020

Matematika Kelas 6 (FPB dan KPK)

Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan FPB dan KPK

Masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK mempunyai ciri tertentu

FPB mempunyai ciri pengelompokan beberapa jenis benda menjadi kelompok yang sama.

Untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB, pahami isi soal, lalu tentukan FPB sesuai dengan keterangan soal.

Contoh soal :  

Rina mempunyai 12 bolpoin berwarna hitam, 15 bolpoin berwarna biru, dan 18 bolpoin berwarna merah.  Ia ingin memasukan bolpoin tersebut kedalam kantong plastik dengan jumlah setiap bolpoin sama banyak. Berapa paling banyak kantong plastik yang diperlukan Rina?

Cara penyelesaian :  Faktorisasi prima dari 12 = 2² × 3             FPB   =  3

15 = 3 × 5

18 = 2 × 3²

KPK  mempunyai ciri kejadian yang sama dan terjadi berulang kali. Untuk menyelesaikannya , pahami soal, lalu tentukan KPK sesuai ketwrangan dalam soal.

Contoh soal : 

Ada tiga buah lampu, lampu merah menyala setiap 18 detik, lampu hijau menyala setiap 20 detik, dan lampu kuning menyala setiap 36 detik. Jika lampu menyala bersama -sama pada pukul 08.00 , pukul berapa lampu menyala bersama-sama untuk yang kedua kalinya?

Cara penyelesaian : Faktorisasi prima dari

18  = 2 × 3²                    KPK = 2² × 3² × 5

20  = 2² × 5                             = 4   × 9  × 5=180

36  = 2² × 3²           180 detik = 3 menit  

jadi lampu menyala yang kedua pada pukul   08.03.

Untuk menambah ketrampilan kalian kerjakan soal berikut ini!

1.  Bu lila menata tiga jenis kue kedalam beberapa piringdengan jumlah setiap jenis kue sama banyak. Kue - kue tersebutbterdiri atas 24 kue bolu, 28 kue talam, dan 20 kue lapis. Berapa banyak piring yang diperlukan untuk menaruh kue-kue tersebut.

2  Lita, Lola, dan Mela memiliki mainan boneka otomatis. Boneka Lita setiap 5 menit menangis, boneka Lola setiap 8 menit sekali menangis dan boneka Meta menangis setiap 10 menit. Setiap berapa menit boneka mereka menangis bersama-sama?

3.  Dina akan membuat gelang manik-manik merah dan biru. Banyak manik-manik merah 70 buah, manik -manik biru 84 buah. Setiap gelangterdiri dari manik-manik merah dan biru sama banyak. Berapa paling banyak gelang yang dapat dibuat?

4.  Herman mengunjungi toko bukusetiap dua minggu , Fina setiap 12 hari, dan Geri setiap 16 hari. Mereka mengunjungi toko buku yang sama. Jika hari inimereka bertemu di toko buku, mereka akan bertemu lagi setelah ........... hari.